Jumat, 15 April 2011

lambang @ pada E-mail

Tahukah anda jika ada satu huruf penentu dalam email sangat penting? Yah, pasti anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata "at". tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran.
Tapi, tahukah anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Ray Tomlison, seorang insyinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email akan menjadi salah satu penemuan penting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. "karena saya yang pertama (menemukan), jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju, " sebut ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Mathew Lyon dalam bukunya : Where Wizard Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Apapun alasan yang disebut Ray, yang jelas, lambang @saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. jadi, jangan anggap remeh penemuan yang anda lakukan bisa jadi, suatu kelak, apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga bagi dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar