Minggu, 20 Februari 2011

Telegraf dan Telegram

Telegraf elektromagnetik pertama diciptakan pada tahun 1837 oleh dua ahli fisika Inggris, Sir Charles Wheatstone (1802 - 75) dan William Cooke (1806 - 79).
Kode Morse diciptakan pada tahun 1838 (bersama dengan telegraf) oleh Samuel Finlef Breese Morse (1719-1872). Pada 6 Januari 1838, Morse berhasil mengirimkan pesan telegraf pribadi pertama melalui sebuah kawat sepanjang tiga mil yang terentang mengelilingi sebuah ruangan. Pesannya adalah "A patient waiter is no loser".
Kode Morse internasional (versi yang dimodifikasi dan disederhanakan) dikembangkan pada tahun 1815.
Jalur telegraf umum pertama dibangun pada tahun 1843 antara Washington DC dan Baltimore, dengan jarak empat puluh mil. Samuel Morse mengirimkan pesan pertama pada 24 mei 1844, melalui sebuah jalur percobaan. pesannya adalah, "What hath God Wrought?"
Telegram pertama dikirimkan pada 8 April 1851, ketika sekelompok pengusaha membentuk The New York and Mississipi Valley Printing Telegraph Company. perusahaan tersebut langsung mulai dengan memasang kawat sepanjang 550 mil dan mendapatkan lisensi untuk menggunakan sebuah printer temuan Royal E House. Alat tersebut adalah alat pertama yang mencetak huruf dan angka alih-alih titik dan garis pada kode morse sehingga memudahkan pengiriman telegram yang pertama.
Kabel telegraf bawah laut pertama dibentangkan antara Prancis dan Inggris pada tahun 1850. kabel itu terpotong oleh sebuah kapal nelayan Prancis setelah tiga hari dipasang, dan baru diganti pada tahun berikutnya, ketika sebuah kabel percobaan sepanjang satu mil telah dibentangkan antara HMS Blake dan HMS Pique di bawah air pelabuhan Portsmounh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar