Sabtu, 05 Februari 2011

apakah kamu tahu?(6)

apakah kamu tahu bahwa asal mula tulisan yang setepatnya sulit ditelusuri. sangat banyakl meninggalkan gurat-gurat di atas batu dengan menggoreskan perkakas tangan rijang atau batu api hampir bisa dipastikan adalah upaya pertama manusia dalam suatu bentuk komunikasi bersandi.
haruf paku adalah bahasa tulis pertama atau istilahnya cuneiform, yang dikembangkan oleh orang Sumeria. mungkin para pembaca juga tahu mengenai Hieroglif, Hieroglif paling awal ditemukan terpahat di batu-batu nisan mesir dan berasal dari tahun 3200 hingga 2950 SM (ada yang sudah lahir belum pada tahun berikut?hehehe) berbagai penemuan arkeoligis terkini telah memperlihatkan adanya simbol-simbol hieroglif pada tembikar Gerzeh yang diduga berasal dari masa sekitar tahun 4000 SM. wah... itu lebih tua daripada hieroglif yang berada di mesir. bahwa penduduk Gerzeh adalah orang-orang yang menghuni sepanjang tepi barat sungai Nil pada masa sejarah.
para arkeolog pada tahun 1799, hieroglif tidak bisa diterjemahkan, tetapi pada tahun tentara Napoleon yang ditempatkan dekat kota Roserta menemukan sebuah batu basal hitam besar. bahwa batu tersebut memiliki inskripsiyang sama dengan yang dituliskan dalam bahasa Yunani, hieroglif, dan demotik. pasti para pembaca tidak tahu istilah itu. demotik adalah bahasa yang dipakai orang mesir kebanyakanpada zamannya. karena Yunani adalah bahasa yang terkenal, hieroglif kemudian bisa diterjemahkan.
begitu panjangnya penelusuran mengenai sejarah tulisan. mungkin hingga sekarang asal usul atau sejarah pertama tulisan belum sepenuhnya diketahui.
siapa yang tahu abjad yang pertama?
abjad yang pertama kali diketahui ditemukan di Uragit. daerah Uragit adalah Suriah, yaang sekitar tahun 1500 SM. penemuan-penemuan di Ras Shamra pada tahun 1929 mengungkapkan abjad Uragit tersebut.
mungkin tidak salah ada pribahasa "carilah ilmu hingga ke negeri cina". pribahasa tersebut memang benar artinya, bahwa bangsa cinalah yang membuat tulisan pertama. tulisan Cina yang pertama berasal dari tahun 1500 SM dan digoreskan pada potongan tulang dan batok kura-kura. Sistem penulisan bahasa Cina telah berubah sedikit sejak saat itu, meskipun masih mengandalkan piktogram dan karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar