Kamis, 27 Januari 2011

apakah kamu tahu?(4)

ROKOK

Para ahli percaya bahwa tembakau awalnya digunakan sebagai suntikan yang bersifat halusinogen di benua Amreka Serikat sekitar abad pertama SM. suku maya, yang menghuni semenanjung Yucatan di Meksiko sekarang ini, mengembangkan tembakau sebagai bahan untuk merokok antara tahun 470 dam 600 M, dan tembakau juga digunakan oleh orang Indian Mississippi sekitar waktu yang sama.
Bukti gambar pertama tentang merokok ada pada sebuah vas tembikar abad kesebelas yang ditemukan di Guatemala, yang memperlihatkan seorang Maya sedang merokok dengan segulung daun tembakau yang diikat dengan tali.
Orang Eropa pertama yang terlihat merokok, pada November 1492, adalah dua orang Spanyol, Rodrigo de Jerez dan Luis de Torres, yang ikut dalam penjelejahan pertama Christopher Colombus (1451-1506) ke benua Amerika.
Jerez disuga perokok non-Amerika yang pertama. ketika kembali ke Spanyol, dia dipenjara selama tujuh tahun oleh Inkuisi karena dituduh telah menakut-nakuti orang dengan asap yang berembus dari mulut dan hidungnya. Pada saat dia dilepaskan, rokok sudah menyebar luas di Spanyol.
Tembakau diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1564-65 oleh Sir John Hawkins (1532-95). Tembakau dikenal sebagai "sotweed" pada masa Elizabethan.
Tahun 1585, Sir Francis Drake (1540-96), seorang sepupu dan anak didik Sir John Hawkins, memperlihatkan kepada Sir Walter Raleigh (1552-1618) bagaimana cara merokok tembakau dengan menggunakan pipa dari tanah liat.
Tobacco, buku Inggris pertama mengenai tembakau, diterbitkan pada tahun 1595.
pada tahun 1604 Raja James I dari Inggris menulis A Counterblaste to tobacco yang sangat mencela penggunaan tembakau, menyebutkan "menjijikan untuk mata, tidak baik untuk hidung, ancaman untuk otak, bahaya untuk paru-paru" dan pada tahun 1629 tanda dilarang merokok pertama dipasang di beberapa gedung pemerintahan Inggris.
Tahun 1609, John Rolfe mulai mengembangkan tembakau di daerah koloninya Jamestown dan menjadi orang pertama yang berhasil mengekspor tembakau dan Virginia keEropa, jenis tembakau yang digunakan Rolfe, diimpor dari bermuda dengan niat khusus menghasilkan jenis tembakau yang akan sesuai dengan lidah orang Eropa. pendapatan ekspor dari tembakau sebagai hasil panen membantu memantapkan posisi koloni Amerika itu.
Penelitian klinis pertama mengenai efek-efek tembakau dalam segala bentuknya dilakukan pada tahun 1761 oleh dokter London Sir John Hill (1761-75). Hill mengaitkan kanker dengan penggunaan tembakau dan mengemukakan tingginya angka kanker hidung pada pengguna yang menghirup tembakau (bubuk).
Rokok diciptakan pada tahun 1832 oleh seorang serdadu Mesir pada pertempuran Acre dalam perang Turki-Mesir. penembak meriam itu telah berhasil meningkatkan laju tembakan meriamnya dengan menggulung bubuk mesiu dalam tabung-tabung kertas. Dia dianugerahi persediaan tembakau. Setelah mematahkan pipanya, dia menggulung tembakau itu dalam kertas yang telah digunakannya untuk bubuk mesiu dan menemukan apa yang menjadi rokok pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar