Minggu, 30 Januari 2011

Jangan Bubarkan Sekolah !

Pendidikan di zaman sekarang sudah banyak perubahan. dulu seorang murid harus setia duduk dengan baik mendengarkan seorang guru yang mengajar didepan kelas dengan segala pengetahuannya. Dan murid hanya diam mendengarkan, tanpa ada yang boleh menyalahkan seorang guru.
Sekarang hal tersubut telah berubah. Sekarang murid-murid yang bersekolah dituntut untuk lebih pintar dari seorang guru. Mereka akan berbagi dengan teman-teman dikelasnya untuk saling berbagi ilmu yang mereka ketahui. disamping itu sering sekali terjadi sebuah perdebatan yang terkadang menyimpang dari hal yang dibahas.
di sisi lain, sekoah bukan hanya mengenai itu saja. tapi sekarang banyak anak-anak yang meninggalkan sekolah dengan alasan yang tidak pasti. sering kita lihat anak-anak kecil yang seharusnya pada usia tersebut bersekolah, tapi yang terjadi mereka mengamen di pinggir jalan, meminta-minta, dan lain sebagainya, seakan-akan mengamen itu adalah sebuah profesi baru bagi orang-orang miskin.
Terlepas dari berbagai alasan mereka untuk tidak bersekolah, di satu sisi pemerintah juga kurang memperhatikan hal tersebut. padahal anak-anak yang sekarang tumbuh berkembang adalah ast bagi negara untuk meneruskan pembangunan bangsa ini.
Sekolah adalah tempat untuk mencari segala ilmu. Bukan hanya ilmu yang di ajarkan oleh para guru. tetapi di sekolah anak-anak akan mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu-ilmu moral yang menjadi sosial di lingkungannya sehari-hari. tanpa ada yang menuntun seorang anak menjadi anak yang baik, soleh, berakhlak, anak tersebut tidak akan terbentuk menjadi anak yang seperti diharapkan. selain peran orang tua yang mendidik anak menjadi ank yang baik, butuh bantuan juga dari pihak luar, seperti di sekolah di ajarkan oleh para guru, di lingkungan bermainnya bersama teman-teman.
Tanpa sekolah anak akan menjadi nakal, tidak akan memiliki aturan yang baik. banyak hal yang disayangkan, bagi saya untuk anak-anak sekarang yang tidak bersekolah. terkadang saya mendengar alasan anak yang tidak bersekolah yaitu karena ekonomi, padahal pemerintah sudah membuat program bagi orang yang tidak mampu untuk dapat bersekolah dengan gratis. selain itu alasan seorang anak tidak bersekolah karena sistem pendidikan kita yang kurang baik. contoh banyak anak yang mengeluhkan tentang UN, 3 tahunn bersekolah yang menjadi tolak ukur seorang murid lulus hanya di nilai dari beberapa mata pelajaran saja, sangat disayangkan. padahal seorang murid selama 3 tahun tersebut misalnya telah berkelakuan baik, nilai prestasinya juga baik, tapi mungkin saja saat melaksanakan UN anak tersebut tidak dapat mendapatkan hasil maksimal maka murid tersebut tidak lulus. atau banyak kecurangan-kecurangan yang banyak sekali dilakukan oleh para oknum, untuk menghalalkan segala cara agar murid-muridnya lulus. kasihan pada murid yang pintar, dengan segala kejujurannya dia mendapatkan hasil yang cukup saja, tidak maksimal, tapi bagi murid yang melakukan kecurangan dia dapat nilai yang maksimal.
Jangan bubarkan sekolah, karena sekolah adalah tempat mencari ilmu, tempat mendidik anak, memberikan aturan pada anak-anak, tampat mengajar tata bahasa yang baik, untuk memberikan pergaulan pada anak-anak, tempat kreatif anak-anak, tempat berkreasi, segala hal dapat di lakukan disekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar